Kontak Kami

 

 

Kampungnesia (dot) org merupakan bagian dari proses belajar dan kerja-kerja kelas dari teman-teman mahasiswa di Universitas Sebelas Maret. Bermula dari proses belajar mengajar dikelas, teman-teman belajar dan bermain ke kampung-kampung kota untuk merekam beragam hal. Semua proses rekaman tersebut lalu menjadi dokumen yang pada awalnya menumpuk dimeja, untuk kemudian dirancang menjadi materi publikasi, dalam beragam bentuk. Keberadaan website sedianya dapat meluaskan materi dan pengalaman atas semua proses yang telah kami lakukan secara lebih luas. Harapan agar kampung-kota menjadi diskusi bersama, menjadi kesadaran baru serta mampu melibatkan banyak pihak didalamnya, semoga dapat difasilitasi dengan keberadaan website kampungnesia.

Mengingat, kondisi ruang-ruang dalam kampung kota yang luas kini menyempit dan menggiring anak-anak kampung berjejal di ruas-ruas kota tanpa kesadaran tentang asal-usulnya. Bangunan identitas baru lalu dibentuk secara instan lewat pola-pola konsumtif maupun komodifikasi budaya yang melanda kota. Menggerakkan kampung lalu menjadi pilihan dan menjadi momentum untuk memberi ruang bagi kampung-kampung menyuarakan kebutuhannya, mempersoalkan problematikanya dan menjadikan kampung sebagai diskursus baru bagi kota.

Agenda merekam-mendokumentasikan kampung kota oleh anak-anak muda menjadi urgent untuk meraba-raba kembali identitas mereka secara mental, psikis maupun ruang. Harapannya bisa mengobati amnesia dan keterasingan anak-anak muda dari asal usulnya. Website ini diharapkan dapat menyumbang ide untuk membentuk narasi sederhana kampung-kota, menjadi media untuk bergaul, saling menghargai, memahami perbedaan dan meletakkan pondasi bagi upaya memahami kota lewat dinamika kampung, sekaligus arsip. Ke depan, konstruksi kota harus dibangun lewat tumpukan-tumpukan kesadaran anak-anak muda tentang kampungnya sebab budaya kota adalah hasil konfederasi budaya warga dan kampung kota tak lagi dimaknai secara tunggal namun dirayakan dengan penuh kegembiraan diatas perbedaan.

Mari belajar bersama-sama ...

Akhmad Ramdhon
wacana3000@gmail.com
kabar@kampungnesia.org

Sosiologi FISIP Universitas Sebelas Maret
Ir. Sutami 36A Kentingan Surakarta 57126