Workshop “Re-Produksi Pengetahuan Berbasis Anak Muda”

Yogyakarta (28/4)- Workshop dengan tema Re-Produksi Pengetahuan Berbasis Anak Muda diselenggarakan oleh pengurus Laboratorium Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. Narasumber yang hadir dari dosen Sosiologi, FISIP, UNS, Akhmad Ramdhon dan Siti Zunariyah yang dimoderatori oleh Mahasiswa Pendidikan Sosiologi, Prima Shinta. Workshop ini berjalan dengan sukses dan dilaksanakan di gedung kuliah G02.109, dengan beragam manfaat dan pengalaman baru telah diperoleh mahasiswa. Workshop berlangsung selama dua sesi yakni sesi materi pada pukul 09.00-11.00 WIB dan sesi kedua atau sesi praktik pada pukul 13.00-15.00 WIB. Adapun fasilitas yang diperoleh yaitu berupa sertifikat, training, snack, makan siang, dan tentu saja yang paling bermanfaat adalah mendapatkan ilmu, pengalaman, dan teman baru.

Dalam workshop kali ini, narasumber memaparkan mengenai pentingnya mahasiswa dalam menganalisis permasalahan-permasalahan yang ada dalam masyarakat, dengan pengamatan secara langsung. Bagi mahasiswa di bidang ilmu sosial umumnya dan pendidikan sosiologi khususnya, pengamatan secara langsung atau observasi memang sangat diperlukan mengingat bidang keilmuannya adalah mempelajari masyarakat. Dengan terjun langsung ke lapangan dan mengamati berbagai fenomena yang ada di masyarakat, diharapkan dapat menjadi modal yang baik untuk menulis karya ilmiah. Apalagi jika mengingat bahwa masyarakat selalu berubah tiap waktu, pengamatan langsung sangat penting dilakukan agar karya ilmiah atau tulisan ilmiah yang dihasilkan tetap up to date dan tidak ketinggalan zaman.
 
Teori memang diperlukan untuk menulis karya ilmiah, namun akan lebih baik jika teori yang ada dapat diterapkan dan dihubungkan dengan fenomena yang ada di masyarakat saat ini. Sebagai generasi muda, mahasiswa diharapkan dapat peka dan kritis juga diharapkan pula dapat menuangkannya dalam bentuk karya ilmiah yang up to date dan tentu saja orisinil agar bermanfaat bagi kalangan akademik khususnya dan masyarakat umumnya.

Akhmad Ramdhon dan Siti Zunariyah menciptakan suasana dalam workshop lebih hidup dengan memperlihatkan karya-karya anak didiknya baik berupa media pembelajaran elektronik seperti video dokumenter penelitian dan hasil lainnya berupa buku dengan judul seperti, “Srawung Kampung-Kota”. “Sungai, Kampung, dan Kota”. Selain itu, Akhmad Ramdhon dan Siti Zunariyah menceritakan bagaimana mereka mendirikan suatu komunitas yang bernama “Kampungnesia” yang selanjutnya menciptakan tulisan-tulisan khas dari warga kampung asli. Berikut beberapa contoh karya dari kampungnesia press seperti “Sampah Kota, Sampah Kita” dan “Kampungku, Ceritaku”.

Peserta workshop ini tentu sangat antusias terhadap materi yang diberikan ditambah sesi praktik sehingga workshop dapat hidup dan tidak membosankan. Tentunya dengan harapan agar peserta dapat menghasilkan karya ilmiah yang baik, orisinil, dan up to date untuk menanggapi fenomena dan permasalahan sosial yang ada di masyarakat. (Aisya dan Anggi) #Kampungnesia #KampungKota 
 
Sumber :
http://pendidikan-sosiologi.fis.uny.ac.id/berita/workshop-%E2%80%9Cre-produksi-pengetahuan-berbasis-anak-muda%E2%80%9D.html
 
 

Berita Terkait